ADAPTIVE CLASSROOM BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS), SAKLAR LAMPU BERDASARKAN KEBERADAAN SESEORANG DAN INTENSITAS CAHAYA

Hendra Oji, Pratama (2020) ADAPTIVE CLASSROOM BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS), SAKLAR LAMPU BERDASARKAN KEBERADAAN SESEORANG DAN INTENSITAS CAHAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1D015030_Laporan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saklar merupakan perangkat yang digunakan untuk memutus atau menghubungkan aliran listrik, biasanya digunakan pada lampu. Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Fakultas Teknik Universitas Mataram (UNRAM) memiliki beberapa ruang kelas yang sudah terinstalasi lampu yang dikendalikan dengan saklar secara manual, misalnya saklar lampu dihidupkan saat ruangan tidak memiliki cukup cahaya, kemudian jika ruangan memiliki penerangan yang cukup dari luar (cahaya matahari), saklar dimatikan untuk efisiensi penggunaan lampu. Masalah terjadi ketika pengguna ruang kelas tidak mematikan lampu kelas setelah digunakan atau saat ruangan memiliki penerangan yang cukup dari luar. Solusinya dengan menerapkan sistem pengendalian otomatis berbasis Internet of Things (IoT) yang menggunakan beberapa sensor sebagai pemicu saklar. Untuk membaca nilai intensitas cahaya pada ruangan dan mendeteksi keberadaan seseorang agar memutus atau menghubungkan aliran listrik menuju lampu digunakan sensor LDR, PIR dan relay dengan mikrokontroler WeMos D1 (R2) sebagai pengendali. Sistem monitoring yang dibuat dapat menampilkan data intensitas cahaya, status gerakan, dan status lampu yang secara realtime didapatkan dari rangkaian elektronik sistem melalui protokol MQTT. Berdasarkan skema pengujian yang dilakukan, sistem yang dibuat sudah dapat melakukan manajemen lampu secara otomatis berdasarkan kondisi yang diterima, kemudian sistem monitoring memberikan informasi kepada pengguna. Pengujian MOS menghasilkan nilai sebesar 4.58 dari skala 5 yang menunjukkan bahwa sistem telah layak digunakan dan termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Internet of Things, MQTT, LDR, PIR, Pengendalian Saklar Lampu, Relay, Mikrokontroler.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:48
Last Modified: 31 Oct 2022 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32545

Actions (login required)

View Item View Item