RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLASIFIKASI SANTRI DALAM MENENTUKAN KELAS DINIYAH MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS WEBSITE

Muhammad Rozziq, Syaputra (2020) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLASIFIKASI SANTRI DALAM MENENTUKAN KELAS DINIYAH MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS WEBSITE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tugas akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Klasifikasi santri memiliki tujuan untuk mengelompokkan santri berdasarkan kemampuan dan pengetahuan dalam ilmu Agama Islam. Yang diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, dan dapat memotivasi santri dalam mengkaji ilmu- ilmu Agama Islam. Logika Fuzzy adalah suatu proses pengambilan keputusan berbasis aturan yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang sulit dan terdapat ketidakjelasan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem klasisfikasi santri dalam menentukan kelas diniyah. Proses pengklasifikasian dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan dalam membaca Kitab Suci Al-quran, penilaian kesopan dan tingkah laku (Akhlaq), dan pengetahuan dasar ilmu Agama Islam. Sehingga luaran dari sistem ini berupa kelas diniyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa logika Fuzzy Tsukamoto yang dilakukan secara bertingkat dapat menentukan kelas diniyah bagi santri secara akurat. Persentase akurasi antara proses klasifikasi secara manual dengan sistem klasifikasi santri ini mendekati nilai maksimal. Sehingga metode fuzzy Tsukamoto ini dapat diimplementasikan pada peroses klasifikasi santri dalam menentukan kelas diniyah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Logika Fuzzy, Sistem Pendukung Keputusan, Klasifikasi Santri, Kelas Diniyah.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:49
Last Modified: 31 Oct 2022 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32546

Actions (login required)

View Item View Item