PERANAN KEPALA DESA SEBAGAI LEMBAGA MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA DENGGEN TIMUR KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

Farid, Maulani (2022) PERANAN KEPALA DESA SEBAGAI LEMBAGA MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA DENGGEN TIMUR KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FARID MAULANI D1A018094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami peran kepala desa sebagai lembaga mediasi penyelesaian sengketa dan mekanisme penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Penelitian ini bersifat empiris, seluruh data dianalisis dengan metode induktif yang dirumuskan secara deskriprif dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala desa telah melakukan perannya sesuai dengan fungsi dan wewenang yang ada dalam peraturan perundang-undangan, seperti yang terdapat dalam Pasal 26 ayat (4) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengatur bahwa salah satu kewajiban kepala desa adalah menyelesaikan perselisihan masyarakat di desa. Mekanisme penyelesaian sengketa di luar pengadilan di Desa Denggen Timur dilakukan dengan cara musyawarah mufakat dipimpin oleh kepala dusun. Apabila salah satu pihak masih merasa dirugikan baru dilakukan mediasi di Balai Desa Denggen Timur, dengan terlebih dahulu para pihak mengumpulkan alat bukti tertulis maupun lisan atas persoalan mereka. Kepala Desa sebagai mediator penyelesaian sengketa di luar pengadilan mengeluarkan surat perjanjian perdamain kedua pihak yang bersengketa setelah melaui proses mediasi dan bersifat final.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepala Desa, Mediasi, Penyelesaian Sengketa
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:51
Last Modified: 01 Nov 2022 02:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32552

Actions (login required)

View Item View Item