PENGARUH PARITAS DAN BOBOT BADAN INDUK SAPI BALI YANG DIINSEMINASI DENGAN PEJANTAN EKSOTIK TERHADAP DISTOKIA DI KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RATI, PERMATASARI (2022) PENGARUH PARITAS DAN BOBOT BADAN INDUK SAPI BALI YANG DIINSEMINASI DENGAN PEJANTAN EKSOTIK TERHADAP DISTOKIA DI KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATI PERMATASARI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni sampai Juli 2022 di wilayah kerja Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh paritas induk sapi bali yang diinseminasi dengan pejantan eksotik dan untuk mengetahui tingkat terjadinya distokia berdasarkan bobot badan induk saat melahirkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian. penelitian ini dilakukan pengambilan sampel dari 3 desa yaitu, Perian, Pesanggrahan dan Kilang di Kecamatan Montong Gading Lombok Timur. Data yang diperoleh pada penelitian ini ditabulasi dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik sederhana yang meliputi persentase dan hasilnya diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil penelitian dari 96 sampel induk sapi Bali yang melahirkan, distokia terdiri dari 61 kelahiran atau sebanyak 63,5 % dan eutokia terdiri dari 34 kelahiran atau sebanyak 36,5 %. Pengaruh paritas induk dan jenis semen sangat berpengaruh terhadap distokia, semakin tinggi paritas maka akan semakin beresiko kebuntingan dan beranak, karena pada indukan yang sering bunting ataupun beranak akan mengalami kekendoran pada dinding uterus. Semakin besar bobot badan induk saat melahirkan, semakin kecil peluang terjadinya distokia dan semakin kecil bobot badan induk saat melahirkan semakin besar peluang terjadinya distokia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Induk Sapi Bali, Inseminasi Buatan, Semen Eksotik, Distokia
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:40
Last Modified: 01 Nov 2022 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32566

Actions (login required)

View Item View Item