KAJIAN HUKUM PROSES JUAL BELI TANAH ASET DESA KEPADA PIHAK KETIGA (Studi di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa)

YOUSVA ADEAN, RENJANA (2022) KAJIAN HUKUM PROSES JUAL BELI TANAH ASET DESA KEPADA PIHAK KETIGA (Studi di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Yousva Adean Renjana_D1A117318.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui dan menganalisis proses jual beli tanah aset desa kepada pihak ketiga dan Implikasi hukum terhadap perjual aset desa kepada pihak ketiga di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian empiris. Hasil penelitian yaitu 1. Proses Jual Beli Tanah Aset Desa Kepada Pihak ketiga yang dilakukan oleh kepala desa tidak di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dan tanpa diketahui oleh Badan Permusyarawatan Desa (BPD), sehingga proses jual beli yang dilakukan adalah jual beli dibawah tangan. 2. Akibat hukum terhadap penjualan Aset Desa Kepada Pihak Ketiga yang di lakukan secara non prosedural tidak dibenarkan atau cacat secara hukum. dengan demikian kepala desa harus mengembalikan atau mengganti kerugian dari jual beli yang di lakukan tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jual Beli Tanah, Aset Desa, Pihak Ketiga
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:05
Last Modified: 02 Nov 2022 05:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32571

Actions (login required)

View Item View Item