POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENGATASI KETERGANTUNGAN GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD KRISTEN TUNAS DAUD MATARAM

YES, IKA (2022) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENGATASI KETERGANTUNGAN GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD KRISTEN TUNAS DAUD MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YESIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketergantungan game online berdampak negatif pada anak diantaranya adalah malas melakukan aktifitas lain, kurang bersosialisasi dengan masyarakat, gangguan pada mata, keluarnya kata kasar, dan bahkan mengabaikan dunia nyata karena kesenangan dalam dunia maya yang bisa berakibat pada sikap agresif yang ditunjukan oleh anak. Kecanduan ini membuat hubungan dengan teman atau keluarga merenggang. Oleh karena itu, dibutuhkan pola komunikasi yang baik. Dalam mengatasi kecanduan game online pada anak, orang tua menggunakan 3 macam pola komunikasi tersebut. Dari 3 macam pola komunikasi, kecanduan game online lebih bisa teratasi dengan menggunakan pola komunikasi otoriter dan pola komunikasi demokratis. Peneliti mengkajiibagaimana ipola ikomunikasi yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kecanduan game online pada anakisertaimengetahui apaisaja hambatan yangidihadapi saat melakukan pola komunikasi untuk mengatasi kecanduan game online tersebut. Teknik pengumpulan idata dilakukan melalui wawancara, observasiidanidokumentasi. Adapun penentuan isubjek atau informanipenelitian dilakukan dengan teknik ipurposive sampling. Sedangkan iteknik analisisidataidalamipenelitian iini idilakukan dengan ireduksi data, penyajian idata, danipenarikan kesimpulan. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa teori relational dialectic menjelaskan dalam suatu hubungan antara orang tua dengan anak selalu mengandung kontradiksi dan konflik di dalamnya. Dan dari setiap pola komunikasi yang dilakukan, terdapat persoalan atau permasalahan yang terjadi. Hingga pada akhirnya sampai ke pola komunikasi otoriter dan demokratis, dimana orang tua menggunakan aturan yang keras guna mendisiplinkan durasi bermain game online pada anak dan keduanya mulai terbuka dan membuat kesepakatan-kesepakatan bersama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Komunikasi, Ketergantungan Game Online, Relational Dialectic Baxter dan Montgomery
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:06
Last Modified: 02 Nov 2022 05:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32574

Actions (login required)

View Item View Item