EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG PROGRAM DAERAH PEMBERDAYAAN GOTONG ROYONG (Studi di Kecamatan Taliwang)

REZA EKA, MAHENDRA (2022) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG PROGRAM DAERAH PEMBERDAYAAN GOTONG ROYONG (Studi di Kecamatan Taliwang). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REZA EKA MAHENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penyusun melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan dan kendala pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong, serta solusi dari kendala Peraturan Daerah tersebut. Metode penelitian yang penyusun gunakan yaitu metode penelitian hukum empiris. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa yang pertama, Efekivitas penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Nomor 3 Tahun 2016 tentang Program Daerah Pemberdayaaan Gotong Royong sudah terlaksana dengan baik, tetapi belum sepenuhnya optimal, dari ketiga Desa tempat Penyusun melakukan penelitian bahwa di Desa Sermong Kecamatan Taliwang agen pelaksana program kurang berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan pendataan yang masih belum merata. Kedua, yang menjadi kendala adalah kurangnya sosialisasi dan kurangnya koordinasi agen pelaksana program dengan Pemerintah Desa. Solusi kendala tersebut adalah Pemerintah Daerah harus mensosialisasikan kembali Peraturan Daerah dan agen pelaksana harus bekerjasama dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dalam pelaksanaan program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): fektifitas, Peraturan Daerah, Gotong Royong
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:04
Last Modified: 03 Nov 2022 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32583

Actions (login required)

View Item View Item