PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN 7 MATARAM

Sellin, Dwigita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SELLIN DWIGITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dalam bentuk post-test only nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengan metode random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil statistik uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (2,70 dan 1,99 berurutan) yang berimplikasi Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran pembelajaran kooeratif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia pada materi laju reaksi siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model STAD, hasil belajar dan materi laju reaksi.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:41
Last Modified: 03 Nov 2022 06:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32594

Actions (login required)

View Item View Item