PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE OLEH KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA RINGAN (Studi di Polresta Mataram dan Polres Lombok Tengah)

IKA SUSILA, YANTI (2022) PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE OLEH KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA RINGAN (Studi di Polresta Mataram dan Polres Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ika Susilayanti_D1A018132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan restorative justice oleh kepolisian dalam penanangan tindak pidana ringan di Polresta Mataram dan Polres Lombok Tengah serta kendala-kendalanya. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian hukum empiris yang menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan restorative justice dalam penanganan tindak pidana ringan sudah berhasil diterapkan terbukti dengan banyaknya kasus tindak pidana ringan yang diselesaikan dengan restorative justice. Adapun mengenai pelaksanaa restorative justice dalam penanganan tindak pidana ringan sudah sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Penerapan Keadilan Restoratif Dalam Perkara Pidana. Salah satu kendala dalam penerapan restorative justice oleh kepolisian dalam penanangan tindak pidana ringan di Polresta Mataram dan Polres Lombok Tengah yaitu penyidik membutuhkan waktu yang cukup lama kepada korban atau pelapor untuk melakukan perdamaian seagai syarat formil dari penerapan keadilan restoratif sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Penerapan Keadilan Restoratif Dalam Perkara Pidana

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan, Restorative Justice, Tindak Pidana Ringan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:16
Last Modified: 07 Nov 2022 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32600

Actions (login required)

View Item View Item