EFEKTIVITAS PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU IPS SMP DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2021/2022

NAR, UNG (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU IPS SMP DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2021/2022. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS-NARUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kinerja guru IPS SMP di Kabupaten Lombok Tengah dengan mengambil latar pada Zona 1 MGMP. Sumber data penelitian antara lain Ketua, wakil ketua, dan sekretaris MGMP IPS Kabupaten Lombok Tengah, Guru, Kepala sekolah, Pengawas, dan Kabid GTK Dinas Pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, Triangulasi, Transferabilitas, Dependabilitas, dan Confirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program MGMP IPS SMP di Kabupaten Lombok Tengah antara lain yaitu a) Pengembangan Perangkat Pembelajaran, meliputi RPP, Materi Ajar, LKPD, Media, dan Instrumen Penilaian, (2) Pengenalan terhadap pembelajaran inovatif, meliputi model/pendekatan pembelajaran inovatif, Pembelajaran beraorientasi HOTS, 4C, dan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran (CPATK). Program tersebut dilaksanakan dengan cara workshop yang pengurus dan anggota MGMP. Berdasarkan hasil pengumpulan data, program dan pelaksanaan nya cukup efektif dalam meningkatkan kinerja guru IPS; (2) Pelaksanaan Program dilaksanakan minimal sekali dalam sebulan dengan melaksanakan workshop. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa pelaksanaan program MGMP tersebut tidak efektif dalam meningkatkan kinerja guru IPS, antara lain disebabkan karena pelaksanaannya dilaksanakan secara daring, sementara peserta worshop masih banyak yang tidak terbiasa secara daring, sehingga banyak yang meninggalkan workshop dengan alasan yang tidak jelas, model.pendekatan workshop masih kurang mendorong peserta untuk aktif terlibat, (3) Monitoring dan evaluasi tidak dapat dilakukan secara maksimal oleh pengawas, instruktur dan ketua MGMP pada saat pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi dilakukan setelah kegiatan IN/ON menemukan bahwa implementasi program MGMP tidak efektif meningkatkan kinerja guru IPS. (4) Kendala yang dihadapi oleh MGMP IPS SMP ini berupa kendala internal dan kendala eksternal serta kondisi Covid 19, dan masih banyak guru yang belum ahli menggunakan teknologi informasi sebagai media belajar, kendala waktu pelaksanaan dan motivasi para guru untuk meningkatkan kemampuan dirinya, belum mampu mendatangkan narasumber yang mengusai pembelajaran inovatif, dan kurangnya dana yang tersedia

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP); Kinerja Guru, Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:16
Last Modified: 07 Nov 2022 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32605

Actions (login required)

View Item View Item