PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS SELADA ( Lactuca sativa L.) PADA BERBAGAI TINGKAT NAUNGAN DENGAN HIDROPONIK SISTEM WICK

Ratih Rahmadani, Putri (2022) PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS SELADA ( Lactuca sativa L.) PADA BERBAGAI TINGKAT NAUNGAN DENGAN HIDROPONIK SISTEM WICK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan dua varietas selada (lactuca sativa L) pada berbagai tingkat naungan dengan metode hidroponik sistem wick. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai September 2020 di kelurahan Penanae Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Fakrial dua faktor. Faktor pertama adalah Varietas dengan 2 taraf yaitu : V1= Bejo, V2 = Green Rapid. Faktor kedua adalah Tingkat Naungan terdiri atas 4 aras yaitu : N0= tanpa naungan, N1= naungan 55%, N2= naungan 65% dan N3= 75%. Dari kedua faktor tersebut terdapat 8 kombinasi perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali ulangan sehingga diperoleh 32 unit percobaan. Data hasil percobaan dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) pada taraf nyata 5% dan dilanjutkan dengan uji lanjut Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) untuk menguji parameter yang berpengaruh nyata pada taraf α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paranet dengan tingkat naungan 75% meningkatkan pertumbuhan dan bobot tanaman selada sehingga memiliki nilai terbaik pada tinggi tanaman yaitu 10,73 cm, jumlah daun yaitu 10,75 helai, berat segar yaitu 5,13 g dan berat bersih yaitu 4,33 g; pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang tanaman selada pada varietas Bejo memiliki pertumbuhan yang terbaik untuk tinggi tanaman yaitu 10,53cm, jumlah daun yaitu 10,63 helai dan diameter batang yaitu 2,29 cm. Sedangkan varietas Green Rapid memiliki pertumbuhan terendah pada tinggi tanaman yaitu 8,53 cm, jumlah daun yaitu 8,94 helai dan diameter batang yaitu 1,88 cm; tidak ada interaksi antara tingkat naungan dan varietas terhadap semua variabel pengamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Bejo, Green Rapid; Tingkat Naungan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32611

Actions (login required)

View Item View Item