PENGARUH VARIASI BENTUK SUDU KINCIR AIR UNDERSHOOT (SUDU LURUS, SUDU SETENGAH LINGKARAN, DAN SUDU BENTUK SEGITIGA) TERHADAP DAYA DAN EFISIENSI

Hendra, Hariawan (2022) PENGARUH VARIASI BENTUK SUDU KINCIR AIR UNDERSHOOT (SUDU LURUS, SUDU SETENGAH LINGKARAN, DAN SUDU BENTUK SEGITIGA) TERHADAP DAYA DAN EFISIENSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HENDRA HARIAWAN- F1C016034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi keberlangsungan hidup manusia. Dizaman saat ini ketersedian listrik sudah bisa dikatakan sudah memadai dan bukan merupakan sesuatu yang sulit didapatkan. Namun hal itu tidak berlaku bagi masyrakat pedalaman yang ada di Indonesia, masih ada daerah di pedalaman Indonesia yang belum terjangkau listrik pemerintah. Kincir air adalah alat yang paling sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman untuk pemenuhan kebutuhan listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi bentuk sudu kincir air terhadap daya dan efisiensi. Variasi bentuk sudu yang digunakan pada penelitian adalah variasi bentuk sudu lurus/datar, variasi bentuk sudu setengah lingkaran, dan variasi bentuk sudu segitiga, jumlah bilah sudu yang digunakan masing-masing berjumlah 12 dengan diameter sudu 70 cm dan panjang sudu 90cm. Sedangkan pembebanan yang diberikan adalah 20kg, 30kg, 40kg, 50kg, dan 60kg. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah debit air, daya air, putaran kincir, torsi, daya kincir, dan efisiensi kincir. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh variasi bentuk sudu terhadap daya dan efisiensi yang dihasilkan. Pembebanan yang diberikan sebesar 0kg, 20kg, 30kg, 40kg, 50kg, dan 60kg dan akan menghasilkan torsi sebesar 0Nm, 10Nm, 15Nm, 20Nm, 25Nm, dan 30Nm. Daya dan efisiensi terbesar pada penelitian ini didapatkan pada variasi bentuk sudu setengah lingkaran yaitu dengan nilai daya 110,2 watt dengan efisiensi 17,10% dan terjadi pada torsi 25Nm. Sedangkan pada torsi 30Nm nilai daya dan efisiensi cendrung mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kincir, Bentuk Sudu, Torsi, Daya, Efisiensi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32614

Actions (login required)

View Item View Item