PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN AKIBAT KEHILANGAN KENDARAAN SEPEDA MOTOR SAAT KREDIT BELUM LUNAS (Studi di FIF Group Praya)

DENI INDRA, JAYA (2022) PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN AKIBAT KEHILANGAN KENDARAAN SEPEDA MOTOR SAAT KREDIT BELUM LUNAS (Studi di FIF Group Praya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Deni Indra Jaya_D1A117066 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi perlindungan hukum terhadap konsumen yang menggunakan jasa Lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor serta mengetahui dan menganalisis tanggung jawab Lembaga pembiayaan terhadap konsumen yang kehilangan motor saat kredit belum lunas. Jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian hukum normatif empiris yang menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Pada masa kredit belum lunas tidak jarang konsumen mengalami kehilangan sepeda motornya. Perlindungan terhadap konsumen- konsumen yang kehilangan kendaraan bermotor saat kredit belum lunas adalah didasarkan pada klausula baku, yang tidak melanggar ketentuan Pasal 18 Undang- Undang Perlindungan Konsumen. Tanggung jawab Lembaga pembiayaan terhadap kehilangan kendaraan konsumen yang belum lunas adalah perusahaan pembiayaan konsumen bertanggungjawab terhadap Klaim asuransi bila terjadi sesuatu hal yang tidak dikehendaki terhadap barang atau benda jaminan yang ada dibawah penguasan konsumen. Sedangkan, pihak konsumen bertanggungjawab penuh atas kondisi keutuhan barang atau benda jaminan tersebut, termasuk bersedia menyerahkan barang kepada perusahaan pembiayaan konsumen apabila cidera janji dan dilarang mengalihkan dengan cara apapun seperti menggadaikan, menjaminkan, menyewakan, atau menjual barang baik seluruhnya ataupun sebagian kepada pihak lain kecuali dengan persetujuan tertulis dari perusahaan pembiayaan konsumen sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Konsumen, Kehilangan, Sepeda Motor, Lembaga pembiayaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32623

Actions (login required)

View Item View Item