TINJAUAN YURIDIS PEMANFAATAN ATAS TANAH PADA KAWASAN HUTAN KEMASYARAKATAN (STUDI DI KELURAHAN JATIBARU KEC. ASAKOTA KOTA BIMA)

ZIKRUL, LAH (2022) TINJAUAN YURIDIS PEMANFAATAN ATAS TANAH PADA KAWASAN HUTAN KEMASYARAKATAN (STUDI DI KELURAHAN JATIBARU KEC. ASAKOTA KOTA BIMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ZIKRULLAH D1A 117 326.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan HKm di kelurahan Jatibaru Kec.Asakota Kota Bima berkaitan dengan bentuk pemanfaatan yang dilakukan oleh masyarakat serta hambatan-hambatan dalam pengelolaan hutan penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, dengan menggunakan metode Pendekatan yakni, pendekatan Konseptual, pendekatan perUndang-Undangan, serta pendekatan Sosiologis. Bentuk pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Jatibaru Kota Bima ialah Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) namun dalam pengelolaannya terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam peraturan yang berlaku seperti adanya pemegang izin yang tidak membuat tanda batas dan lain-lain. Hambatan dalam pengelolaan Hutan Kemasyarakatan Jatibaru Kota Bima terletak pada regulasi yang masih terbatas serta lemahnya perlindungan dan pengawasan hutan, regulasi yang mengatur tentang pengelolaan hutan ditingkat daerah masih kurang jelas serta ada kekosongan hukum. Disisi lain peranan dan kewenagan Pemerintah Kota Bima kurang efektif dalam pengawasan dan perlindungan hutan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan Kemasyarakatan(HKm), Pemanfaatan, dan Hambatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32627

Actions (login required)

View Item View Item