PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI MODEL BLENDED TIPE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

TALITHA GITA, ANDANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI MODEL BLENDED TIPE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Talitha Gita Andani (E1Q018068).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran usaha dan energi model blended tipe flipped clasroom berbantuan video yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), video pembelajaran, dan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model Dick, Carey, & Carey. Tahapan penelitian ini yaitu analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, analisis peserta didik, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, melakukan evaluasi formatif, dan revisi. Subjek penelitian adalah tiga dosen Pendidikan Fisika FKIP Unram dan seorang guru fisika SMA-IT Abu Hurairah Mataram sebagai validator, serta 32 peserta didik kelas X MIA 2 sebagai subjek uji coba lapangan. Hasil rerata skor validitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian validator ahli dan validator praktisi berada pada kategori sangat baik. Rerata skor PA (Percentage of Agreement) setiap komponen perangkat pembelajaran lebih dari 75% dengan kategori reliabel. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan IJA (Interjudge Agrement) 100% dengan dengan kriteria sangat baik. Hasil respon peserta didik menunjukkan persentase positif 81% dalam kategori sangat praktis. Skor N-Gain aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), originalitas (originality), dan merinci (elaboration) peserta didik berturut-turut adalah 0,91; 0,27; 0,13; dan 0,40. Rata-rata N-Gain sebesar 0,41 dengan kategori peningkatan sedang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran usaha dan energi model blended tipe flipped clasroom berbantuan video layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan perangkat pembelajaran, model blended-flipped classroom, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32629

Actions (login required)

View Item View Item