KARAKTER TOKOH MEIRA DALAM NOVEL I’MPERFECT: A JOURNEY TO SELF-ACCEPTANCE KARYA MEIRA ANASTASIA (TEORI PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER)

Fitria, ningsih (2022) KARAKTER TOKOH MEIRA DALAM NOVEL I’MPERFECT: A JOURNEY TO SELF-ACCEPTANCE KARYA MEIRA ANASTASIA (TEORI PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakter tokoh Meira berdasarkan keenam prinsip kepribadian Alfred Adler dalam novel I’mperfect: A Journey To Self-Acceptance Karya Meira Anastasia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan karaker tokoh Meira dalam novel I’mperfect: A Journey To Self-Acceptance Karya Meira Anastasia menggunakan keenam prinsip kepribadian Alfred Adler. Data penelitian ini berupa kutipan- kutipan dalam novel yang mengandung enam prinsip kepribadian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik catat dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, identifikasi, klasifikasi, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa karakter tokoh Meira berdasarkan keenam prinsip kepribadian yaitu Prinsip rasa rendah diri yang menunjukkan bahwa Meira memiliki karakter yang tidak percaya diri atau minder dengan kondisi tubuh yang ia miliki, cenderung menyendiri dan selalu menyalahkan diri sendiri. Prinsip superior yang menunjukkan bahwa Meira memilki karakter yang ambisius, pantang menyerah, dan bangkit dari keterpurukan untuk meninggalkan rasa tidak percaya diri. Prinsip gaya hidup yang menunjukkan bahwa Meira memiliki karakter yang mandiri, rajin, dan berani untuk memulai gaya hidup baru dari sebelumnya. Prinsip diri kreatif yang menunjukkan bahwa Meira memiliki karakter yang cerdas, kreatif, pantang menyerah dan bertanggung jawab dalam memakai pengalamannya untuk mencapai tujuan akhir. Prinsip tujuan semu yang menunjukkan bahwa Meira memiliki karakter yang gigih dalam mencapai masa depan yang ia harapkan. Dan Prinsip minat sosial yang menunjukkan bahwa Meira memiliki karakter yang mudah bergaul, senang menolong sesama, bijaksana, dan penyayang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepribadian, Psikologi, Tokoh, Novel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:27
Last Modified: 08 Nov 2022 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32650

Actions (login required)

View Item View Item