PENEGAKAN HUKUM TERHADAP GADAI TANAH PERTANIAN DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 56 Prp TAHUN 1960 TENTANG PENETAPAN LUAS TANAH PERTANAHAN (Studi di Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa Besar)

MIA, INTANI (2022) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP GADAI TANAH PERTANIAN DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 56 Prp TAHUN 1960 TENTANG PENETAPAN LUAS TANAH PERTANAHAN (Studi di Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa Besar). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIA INTANI (D1A016190).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami penegakan hukum terhadap gadai tanah pertanian dalam perspektif Undang-Undang Nomor 56 Prp Tahun 1960 dan perlindungan hukum terhadap para pihak yang melakukan gadai tanah pertanian. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penegakan hukum terhadap gadai tanah pertanian dalam perspektif Undang-Undang Nomor 56 Prp Tahun 1960 di Kecamatan Lopok tidak efektif yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor penegak hukum, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan. Perlindungan hukum terhadap para pihak yang melaksanakan gadai tanah pertanian yaitu dengan cara mediasi oleh pemerintah desa. Saran yang dapat disampaikan yaitu kepada penegak hukum yang berwenang dalam bidang pertanahan sebaiknya giat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai undang-undang yang mengatur gadai tanah pertanian agar pemahaman hukum masyarakat tidak rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penegakan Hukum, Perlindungan Hukum, Gadai Tanah Pertanian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:27
Last Modified: 08 Nov 2022 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32662

Actions (login required)

View Item View Item