TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN KASUS PHK MELALUI MEDIATOR HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Prov. NTB)

DILA, MUFIDAH S (2022) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN KASUS PHK MELALUI MEDIATOR HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Prov. NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DILA MUFIDAH S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peranan Mediator Dalam Proses Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Banyak masalah pekerja/buruh yang pada akhirnya tidak mempunyai pekerjaan karena terjadi hubungan yang tidak baik antara pekerja/buruh dengan pengusaha. Oleh karena itu dalam menyelesaikan setiap perselisihan hubungan industrial, dibutuhkan peranan mediator sebagai pembina dalam penyelesaian dan pengembangan hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah peranan mediator dalam proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial khususnya di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis pennelitian yang digunakan adalah jenis normatif empiris yang bersifat deskriptif sekaligus kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Peranan mediator dalam proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah efektif dan dijalankan sesuai dengan peraturan Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, dan Undang-Undang RI No. 2 Tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Peranan mediator dapat dilihat dari pelaksanaan mediasi dan tugas-tugas mediator Sebagai Pembina, pengembangan dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial diluar pengadilan. Jadi sesuai Penelitian bahwa mediator telah melaksanakan perannya dalam proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peranan, Mediator, Pemutusan Hubungan Kerja
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:23
Last Modified: 08 Nov 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32678

Actions (login required)

View Item View Item