PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR

TUTI SRI, WAHYUNI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUTI SRI WAHYUNI_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Membaca permulaan pada anak usia dini sangat penting karena berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca dikemudian hari. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelompok B melalui media kartu kata bergambar. Penelitian tindakan kelas ini dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 anak kelompok B di TK Islam Al-Mulk yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh menggunakan analisis desktiptif kuantitatif dengan persentase. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi yang berbentuk checklist. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila anak mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar sebesar ≥75% atau dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata setiap siklusnya meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan kelompok B dapat ditingkatkan melalui penggunaan media kartu kata bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan membaca permulaan, media kartu kata bergambar, anak usia dini
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:23
Last Modified: 08 Nov 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32688

Actions (login required)

View Item View Item