PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID- 19 TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMA Se- KECAMATAN LINGSAR

Fitria, Ningsih (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID- 19 TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMA Se- KECAMATAN LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA NINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Se-kecamatan Lingsar. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling dengan sample 184. Data pembelajaran online menggunakan kuesioner dengan bantuan google form. Data hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi menggunakan tes pilihan ganda 21 soal serta data penelitian ini diperoleh menggunakan multiple choice yang sudah memenuhi validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif menggunakan regresi sederhana yaitu statistik non parametrik. Analisis data diawali dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas, linearitas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran online, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:23
Last Modified: 08 Nov 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32689

Actions (login required)

View Item View Item