EKSISTENSI PERATURAN GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT NO. 51 TAHUN 2020 DALAM KEWAJIBAN KEPESERTAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL BPJS KETENAGAKERJAAN

RAHMAT FISUDAWAN, PUTRA (2022) EKSISTENSI PERATURAN GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT NO. 51 TAHUN 2020 DALAM KEWAJIBAN KEPESERTAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL BPJS KETENAGAKERJAAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk eksistensi Peraturan Gubernur No.51 Tahun 2020 dalam kewajiban kepesertaan program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif empiris. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan konseptual, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan sosiologis. Selanjutnya data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah eksistensi berupa upaya serta hambatan dari BPJS Ketenagakerjaan setelah dikeluarkan Peraturan Gubernur No. 51 Tahun 2020 Tentang Kewajiban Kepesertaan dengan upaya melakukan sosialisasi program kepesertaan ke daerah-daerah mayoritas tenaga kerja BPU dan sosialisasi tenaga kerja kontrak dan honorer di pemerintah daerah,dimana ada hambatannya karena terjadi wabah Covid-19,serta PT. TASPEN yang mengeriview Peraturan Gubernur ini hingga mengklaim perlindungan dari tenaga Non ASN/Pegawai kontrak dan honorer ada dalam naungan PT. TASPEN itu sendiri. Dalam pelaksanaannya masih banyak tenaga kerja yang tergolong BPU atau bukan penerima upah yang nominan petani,nelayan yang masi tidak ikut dalam kepesertaan program BPJS Ketenagakerj an karena kurangnya sosialiasi dari BPJS Ketenagakerjaan dalam situasi pandemi yang tidak maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Eksistensi, Kepesertaan, Jaminan Sosial
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:24
Last Modified: 08 Nov 2022 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32690

Actions (login required)

View Item View Item