PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2022

NAWAL, LUSIFA (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NAWALLUSIFA SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan permainan tradisional bakiak untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Masbagik Utara Tahun Ajaran 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah 12 anak pada kelas B1 dengan usia 5-6 Tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan dengan delapan kali pertemuan. Setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah- langkah main, serta aturan main. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I adalah sebesar (27,77%), pada tahap pengembangan II memperoleh nilai persentase sebesar (64,23%) dan pada tahap pengembangan III memperoleh nilai persentase sebesar (91,66%). Langkah main yang sudah dimodifikasi yakni : (1) berdoa sebelum bermain, (2) melakukan pemanasan, (3) memperkenalkan alat dan bahan serta contoh cara main, (4) menjelaskan langkah dan aturan main, (5) membagikan kelompok sesuai dengan tema, (6) menunjuk satu anak sebagai komando, (7) berbaris sesuai dengan kelompok, (8) mendengarkan arahan yang diberikan, (9) membereskan mainan, dan (10) melakukan recalling.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan Tradisional Bakiak, Sosial Emosional, Perkembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Nov 2022 05:31
Last Modified: 08 Nov 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32693

Actions (login required)

View Item View Item