PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS (Studi Kasus di Desa Luar Kecamatan Alas) Tahun 2022

Nisa, Agustina (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS (Studi Kasus di Desa Luar Kecamatan Alas) Tahun 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nisa Agustina_L1B018089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keterpenuhan kebutuhan informasi kesehatan bagi sebagian masyarakat diperoleh melalui fasilitas sistem informasi yang disediakan oleh pemerintah pada instansi- instansi kesehatan baik negeri maupun swasta. Hal ini dikarenakan sistem informasi kesehatan merupakan suatu pengelolaan informasi di seluruh tingkat pemerintah secara sistematis dalam rangka penyelengggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masalah yang dapat dirumuskan dan diperoleh dari latar belakang ini adalah 1) Apakah persepsi masyarakat di Desa Luar Kecamatan Alas terhadap sistem informasi dan pelayanan kesehatan di puskesmas?. 2) Bagaimana sistem informasi dan pelayanan kesehatan di puskesmas bisa tersampaikan kepada masyarakat di Desa Luar Kecamatan Alas?. Tujuan yang di dapat dan diperoleh dari latar belakang ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi masyarakat di Desa Luar Kecamatan Alas terhadap sistem informasi dan pelayanan kesehatan di puskesmas. 2) Untuk mengetahui sistem informasi dan pelayanan kesehatan di puskesmas bisa tersampaikan kepada masyarakat di Desa Luar Kecamatan Alas. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa survey dengan memilih sejumlah responden sebagai sampel dan alat ukurnya adalah kuisioner berdasarkan isian data yang diperoleh dari responden terhadap pertanyaan yang diajukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Desa Luar berpengaruh positif terhadap sistem informasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Alas yakni sebesar 85,4% persepsi masyarakat manyatakan ‘PUAS’. Selain itu, hasil dari sistem informasi pelayanan kesehatan yang berada di Puskesmas Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa memberikan nilai kepuasan sebesar 88,3% terhadap persepsi masyarakat di Desa Luar secara merata. Artinya bahwa 88,3% masyarakat di Desa Luar memiliki persepsi positif terhadap sistem informasi pelayanan kesehatan di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa. Sehingga apa yang menjadi visi misi dari Puskesmas dalam memberikan sebuah pelayanan kesehatan untuk masyarakat telah terimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi Masyarakat, Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Puskesmas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:18
Last Modified: 09 Nov 2022 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32697

Actions (login required)

View Item View Item