NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

DEWIYANTI, KASMA (2016) NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL cewik pdf.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah nilai pendidikan moral dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara ?, (2) Bagaimanakah nilai pendidikan religious dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara?, (3) Bagaimanakah nilai pendidikan social dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara?, (4) Bagaimanakah kaitan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan dengan pembelajaran sastra di SMA ? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dan teknik catat. Untuk menganalisis data, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapatnya nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan moral yang meliputi: 1) kerja keras, 2) kasih sayang, 3) disiplin, 4) sabar, 5) tanggung jawab; dan nilai pendidikan religius yang meliputi: 1) bersyukur, 2) berdoa, 3) menjalankan shalat; serta nilai pendidikan sosial yang meliputi: tolong menolong dan persahabatan. Kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA adalah penelitian ini menganalisis nilai-nilai (nilai moral, religius, dan sosial) dalam novel, sama halnya dengan materi pembelajaran sastra di SMA kelas XI semester I yang menganalisis nilai-nilai dalam sebuah novel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, Novel, dan Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:19
Last Modified: 30 Apr 2018 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item