GAMBARAN SITOLOGI LIMFADENOPATI PADA INDIVIDU YANG KONTAK ERAT DENGAN PENDERITA TB DI DESA SENGGIGI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Fadila, Olivia (2022) GAMBARAN SITOLOGI LIMFADENOPATI PADA INDIVIDU YANG KONTAK ERAT DENGAN PENDERITA TB DI DESA SENGGIGI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH - FADILA OLIVIA (H1A019033).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Tuberkulosis (TB) disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (MTB). Data WHO Global Report pada tahun 2020 menunjukkan bahwa Indonesia termasuk ke dalam 4 negara yang menyumbang 44% kasus TB global. Tiga tahun terakhir jumlah kasus TB tertinggi di NTB berada pada Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur. TB dapat ditularkan melalui udara dari pasien yang terkonfirmasi TB bakteriologis. Kasus yang tidak diobati dengan tepat dan adekuat dapat menginfeksi kurang lebih 10 orang per tahun. Limfadenopati pada daerah leher merupakan hal yang umum ditemukan di negara dengan endemik TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sitologi limfadenopati pada individu yang kontak erat dengan penderita TB. Metode : Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability consecutive sampling. Hasil : Subjek penelitian berasal dari Desa Senggigi Kabupaten Lombok Barat. Jumlah subjek pada penelitian sebanyak 62 orang dengan distribusi berdasarkan jenis kelamin 35 orang perempuan dan 27 orang laki – laki. Berdasarkan rentang umur didapatkan paling banyak pada rentang umur remaja awal dan remaja akhir. Sebanyak 5 sampel penelitian dengan limfadenopati berdiameter 0,5 – 2 cm. Hasil FNAB didapatkan gambaran sitologi 4 sampel dengan hasil reaktif limfoid hiperplasia dan 1 sampel mencurigakan suatu TB kelenjar. Kesimpulan : Hasil FNAB limfadenopati pada kontak erat penderita TB ditemukan dominasi gambaran reaktif limfoid hyperplasia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sitologi, Tuberkulosis, Limfadenitis Tuberkulosis, Kontak Erat.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:19
Last Modified: 09 Nov 2022 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32701

Actions (login required)

View Item View Item