PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

HERMAN, TONI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WISUDA MIQN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model contextual teaching and learing (CTL) yang layak, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, video pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika. Penelitian dilakukan pada materi Gelombang Mekanik KD 3.8 (Menganalisis karakteristik gelombang mekanik) dan KD 4.8 (Mengajukan gagasan penyelesaian masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya pada tali). Teknik pengumpulan data menggunakan angket lembar validasi, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika, dan angket respon keterlaksanaan pembelajaran. Kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh dari validitas produk yang dinilai oleh enam validator yang terdiri dari tiga validator ahli dan tiga validator praktisi, selanjutnya dianalisis menggunakan skala likert. Keefektifan diperoleh dari nilai pretest dan posttest terhadap instrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-gain. Kepraktisan diperoleh dari penyebaran angket respon keterlaksanaan pembelajaran kepada peserta didik dan guru. Validitas produk dinilai oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Hasil persentase rata-rata penilaian validitas oleh validator secara keseluruhan perangkat pembelajaran yaitu 81,25% sampai 100% dengan kriteria valid, dan untuk nilai reliabilitas perangkat pembelajaran didapatkan hasil 92,33% sampai 96,42% dengan kategori reliabel. Hasil uji N-gain untuk kemampuan pemecahan masalah fisika diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari lembar keterlaksanaan pembelajaran berupa angket respon yang diberikan kepada peserta didik dan guru yang menunjukan nilai sebesar 98,63% dan 97,75% dengan kriteria praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model contextual teaching and learing (CTL) yang dikembangkan layak, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Contextual Teaching And Learnning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:19
Last Modified: 09 Nov 2022 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32703

Actions (login required)

View Item View Item