KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL ASPEK KAIDAH KEBAHASAAN DAN PENGGUNAAN KALIMAT LANGSUNG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MASBAGIK

Fitri, ah (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL ASPEK KAIDAH KEBAHASAAN DAN PENGGUNAAN KALIMAT LANGSUNG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MASBAGIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRIAH (E1C018029)_115152.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah tingkat aktifitas menulis yang sangat kurang di kalangan siswa dan pentingnya pembelajaran teks fabel sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam teks fabel yaitu (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks fabel dalam aspek kaidah kebahasaan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik serta (2) mendeskripsikan kemampuan menggunakan kalimat langsung dalam teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu hasilnya berupa deskripsi kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik tahun ajaran 2021/2022. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 30 orang siswa. Teknik penganbilan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampling jenuh yaitu penentuan sampel bila semua anggota popoluasi digunakan sebagai sampel. Data dan sumber data penelitian ini berupa hasil karangan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik memperoleh nilai rata-rata 63,72 dalam aspek kaidah kebahasaan. Pada aspek penggunaan kalimat langsung memperoleh nilai rata-rata 51. Kemudian hasil menulis teks fabel secara keseluruhan dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai sempurna atau kategori sangat mampu (A) adalah 5 siswa dengan 1 siswa memperoleh nilai 100 dan 4 siswa lainnya memperoleh nilai 87,5. Jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori mampu (B) adalah 9 siswa dengan nilai 75. Jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori cukup mampu (C) adalah 2 siswa dengan nilai 62,5. Kemudian jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori kurang mampu (D) adalah sebanyak 9 siswa dengan 5 siswa mendapat nilai 50, 3 siswa mendapat nilai 37,5, dan 1 orang mendapat nilai 25. Adapun total nilai keseluruhan siswa 1637, perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis teks fabel siswa dengan kaidah kebahasaan dan penggunaan kalimat langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik adalah 65,48.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): emampuan, Menulis, Kaidah Kebahasaan, Kalimat Langsung, Teks Fabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:06
Last Modified: 09 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item