ANIZA, MUAFFIANI (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 20 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_ANIZA MUAFFIANI_E1A018003.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu tuntutan pembelajaran Abad XXI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran berbasis kasus terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian yaitu penerapan pembelajaran yang berbeda, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes masing-masing kelas. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis kasus berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis kasus, pembelajaran IPA SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:06 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 04:06 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32710 |
Actions (login required)
View Item |