PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 20 MATARAM

ANIZA, MUAFFIANI (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 20 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANIZA MUAFFIANI_E1A018003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu tuntutan pembelajaran Abad XXI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran berbasis kasus terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian yaitu penerapan pembelajaran yang berbeda, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes masing-masing kelas. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis kasus berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis kasus, pembelajaran IPA SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:06
Last Modified: 09 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32710

Actions (login required)

View Item View Item