PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DITA, FARADILLAH (2022) PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DITA FARADILLAH 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuam motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela belum berkembang sesuai dengan indikator motorik halus. Hal ini dapat dinilai berdasarkan indikator-indikator umum seperti kemampuan anak untuk menggenggam benda dan menggerakkan jari tangan untuk menulis, menggambar, dan masih memerlukan banyak bimbingan dari guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan kegiatan finger Painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun (kelompok B4) di TK Islam Nurul Iman yang berjumlah 17 orang anak. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan rumus persentase. Adapun langkah-langkah kegiatan finger painting yang dilakukan yaitu: 1). Guru memerintahkan anak untuk duduk rapi dengan formasi melingkar. 2). Guru menjelaskan kegiatan finger painting yang akan dilakukan. 3). Guru memperkenalkan alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan finger painting. 4). Guru menjelaskan langkah-langkah pengerjaan finger painting. 5). Guru mengelompokkan anak dalam beberapa kelompok. 6). Guru membagikan alat dan bahan. 7). Anak mencelupkan jari ke dalam adonan warna. 8). Anak mengoleskan adonan warna ke atas kertas yang sudah berpola dengan cara menggerakkan jari sampai menutupi seluruh pola. 9). Guru mengamati gerakkan jari anak saat mengoleskan adonan warna. 10). Finger painting yang sudah selesai didiamkan hingga kering. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan finger Painting dapat meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Iman yaitu pada pra siklus diperoleh persentase sebesar 58,28% meningkat pada siklus I menjadi 75% dan pada siklus II meningkat menjadi xviii 90,7% dimana hasil tersebut dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator keberhasilan yakni 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan finger painting dapat mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Iman Sekarbela Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kegiatan finger painting, motorik halus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:06
Last Modified: 09 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32714

Actions (login required)

View Item View Item