PENGARUH LAMA WAKTU PEMBERIAN EKSTRAK KERSEN (Muntingia calabura L.) TERHADAP PROFIL SEL DARAH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Ghita Dhara, Lestari (2022) PENGARUH LAMA WAKTU PEMBERIAN EKSTRAK KERSEN (Muntingia calabura L.) TERHADAP PROFIL SEL DARAH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ghita Dhara Lestari C1K017032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penambahan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) dalam pakan komersial sebagai antibakteri menjadi salah satu upaya pencegahan serangan penyakit oleh berbabagi jenis bakteri pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama waktu pemberian ekstrak kersen (Muntingia calabura L.) pada pakan sebagai antibakteri terhadap diferensiasi sel darah ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan RAL dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri dari pemberian pakan tanpa mengandung ekstrak kersen (A), dan pemberian pakan yang mengandung ekstrak kersen, yang diberikan selama 14 hari (B), 21 hari (C), dan 28 hari (D). Ikan yang yang digunakan berukuran 8-10 cm dan bobot 10-15 g. Parameter penelitian yang diamati meliputi perhtiungan jumlah leukosit, kadar hematokrit, pertumbuhan mutlak panjang dan bobot tubuh, pertumbuhan relatif panjang dan bobot tubuh, dan tingkat kelangsungan hidup (SR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kersen melalui pakan dengan lama waktu pemberian yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap diferensiasi sel darah yang ditandai dengan menurunnya jumlah leukosit dan kadar hematokrit ikan nila, namun tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan mutlak, pertumbuhan relatif, dan tingkat kelangsungan hidup (SR) ikan nila. Durasi lama waktu pemberian pakan mengandung ekstrak kersen yang mampu menurunkan kadar leukosit yaitu selama 28 hari (D), dan kadar hemarokti yaitu selama 21 hari (C). Perlakuan B menghasilkan nilai tertinggi pada pertumbuhan mutlak panjang dan bobot tubuh yaitu 1,05 cm dan 6,5 g, pertumbuhan relatif panjang dan bobot tubuh yaitu 11,88% dan 56,4%, dan tingkat kelangsungan hidup 75,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekstrak Daun Kersen, Antibakteri, Diferensiasi Sel Darah, Ikan Nila.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:06
Last Modified: 09 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32720

Actions (login required)

View Item View Item