PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A DI RA NAHDLATUL MUJAHIDIN NW JEMPONG TAHUN PELAJARAN 2022

IQRA RIZKI, FIKRIANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A DI RA NAHDLATUL MUJAHIDIN NW JEMPONG TAHUN PELAJARAN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IQRA RIZKI 56789.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara khususnya pada anak kelompok A melalui metode tanya jawab di RA Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 12 orang anak dan 1 orang guru. Pelaksanaan penerapan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak disetiap siklusnya. Dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan guru terlalu monoton dan belum mampu menarik anak untuk aktif dalam berbicara, guru lebih sering memberikan tugas berupa karya kepada anak seperti menggambar, menggunting, dan melipat sehingga kemampuan berbicara anak jarang untuk dilatih. Setelah dilakukannya penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor 23,5 dengan persentase mencapai 65,2% dikategorikan baik dan kemudian meningkat kembali pada siklus II sebanyak 25% dengan skor 32,5 dan mencapai persentase 90,2% dengan kategori sangat baik. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada siklus I mendapatkan skor 416 dengan persentase 72,1% dikategorikan baik dan mengalami peningkatan lagi sejumlah 18,4% dengan skor 522 mencapai persentase 90,5% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 85%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berbicara, metode tanya jawab, RA Nahdlatul Mujahidin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:06
Last Modified: 09 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32721

Actions (login required)

View Item View Item