PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PERKEBUNAN KOPI ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PETANI PENGGARAP (STUDI DI DESA NTORI KECAMATAN WAWO)

ARDIAN, WAREYHAN (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PERKEBUNAN KOPI ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PETANI PENGGARAP (STUDI DI DESA NTORI KECAMATAN WAWO). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ardian Wareyhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perjanjian bagi hasil perkebunan kopi antara pemilik lahan dan petani penggarap. Penelitian dilaksanakan dengan mengaplikasikan metode penenitian hukum empiris yang menggunakan pendekatan undang-undang, pendekatan kasus dan pendekatan sosiologis. Dalam perjanjian bagi hasil perkebunan kopi ini antara pihak pemilik lahan dan petani penggarap memiliki hak dan kewajiban yang mereka buat dalam suatu perjanian bagi hasil perkebunan kopi yang disepakati kedua belah pihak. Perjanjian bagi hasil yang sering digunakan yaitu, 40% untuk pemilik lahan, 60% untuk petani penggarap. Kemudian proses penyelesaian sengketa yang timbul dari perjanjian antara pemilik lahan dan petani penggarap ini adalah dilakukan dengan jalan musyawarah antara para pihak agar menghindari perselisihan dan kerugiaan yang ditimbulkan. Namun, apabila dari musyawarah tersebut tidak dapat menyelesaikan sengketa yang ada maka dapat dilakukan melalui jalur mediasi. Sehingga di anjurkan kepada para pihak harus memikirkan dengan cermat mengenai isi dari perjanjian yang dibuat sebelum mengikatkan diri kedalam perjanjian tersebut untuk mengurangi resiko dan sebaiknya para pihak mematuhi perjanjian yang dibuat agar tidak timbul sengketa di kemudian hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Bagi Hasil
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:06
Last Modified: 09 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32726

Actions (login required)

View Item View Item