THE EFFECTIVENESS OF USING INDUCTIVE APPROACH IN TEACHING GRAMMAR AT SMPN 3 MATARAM

PUTRIANA, DARMAWAN (2022) THE EFFECTIVENESS OF USING INDUCTIVE APPROACH IN TEACHING GRAMMAR AT SMPN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS PUTRIANA DARMAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan pendekatan induktif dalam pembelajaran grammar di SMPN 3 Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah kelas 8-2 sebagai kelas kontrol dan kelas 8-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Siswa menjawab pertanyaan pre-test sebelum perlakuan dan menjawab pertanyaan post- test setelah perlakuan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS. Setelah dilakukan analisis data, diketahui bahwa rata-rata post-test siswa yang diajar dengan pendekatan induktif lebih tinggi daripada rata-rata post-test siswa yang diajar dengan pendekatan deduktif (69,46 > 57,18). Selain itu, hasil hipotesis statistik pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa uji t (11,985) > t-tabel (2,060), dengan demikian Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Artinya penggunaan pendekatan induktif dalam pembelajaran grammar di SMPN 3 Mataram sudah efektif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keefektifan Pendekatan induktif, Tata bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 23:27
Last Modified: 09 Nov 2022 23:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32729

Actions (login required)

View Item View Item