STRUKTUR KOMUNITAS BIVALVIA DI PESISIR PANTAI ELAK ELAK SEKOTONG BARAT, LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI PENGAYAAN MATERI HEWAN INVERTEBRATA UNTUK SISWA SMA/MA

INDA, WAHYUNI (2022) STRUKTUR KOMUNITAS BIVALVIA DI PESISIR PANTAI ELAK ELAK SEKOTONG BARAT, LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI PENGAYAAN MATERI HEWAN INVERTEBRATA UNTUK SISWA SMA/MA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDA WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pantai Elak elak memiliki laut dan pesisir pantai yang tekstur substratnya sangat cocok sebagai habitat moluska termasuk Bivalvia. Keberadaan Bivalvia memiliki banyak peranan bagi lingkungan terutama berperan dalam penyediaan makanan untuk berbagai spesies lain dalam rantai makanan dan dapat digunakan untuk mengetahui kualitas perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas dan pola sebaran bivalvia di Pantai Elak elak serta melihat respon siswa terhadap Booklet. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode transek garis dan kuadrat. Hasil penelitian moluska kelas bivalvia yang ditemukan di Pesisir Pantai Elak elak terdiri dari 11 spesies yang termasuk ke dalam 7 famili. Spesies tersebut terdiri dari Anadara gubernaculum, Anadara granosa, Gafrarium dispar, Glycymeris pectunculus, Liconcha ornata, Lucinoma heroica, Mactra grandis, Mactra nitida, Mactra ornata, Donax faba dan Trachhycardium flavum. Kelimpahan relatif mecapai 35 % dimana kelimpahan jenis bivalvia tertinggi adalah jenis Mactra grandis. Nilai indeks keanekaragaman di Pesisir Pantai Elak elak termasuk kriteria sedang dengan nilai 1,978 dan keseragaman tinggi dengan nilai 0,825 serta berbanding terbalik dengan nilai dominansi yang rendah dengan nilai 0,002. Hal ini menunjukkan bahwa struktur komunitas dalam keadaan normal, yaitu belum terjadi tekanan ekologi yang mengakibatkan perubahan lingkungan. Pola sebaran Bivalvia di Pesisir Pantai Elak elak tergolong mengelompok karena (Id) > 1 dengan nilai 5,8. Respon siswa terhadap booklet dan moluskarium adalah positif dengan nilai rata-rata 64% menjawab setuju sehingga dapat diterima atau dijadikan sebagai pengayaan materi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bivalvia, Booklet, Pantai Elak elak, Struktur Komunitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 23:27
Last Modified: 09 Nov 2022 23:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32731

Actions (login required)

View Item View Item