PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI TANJUNG MENANGIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PRINGGABAYA KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Sapira, Elpayana (2022) PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI TANJUNG MENANGIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PRINGGABAYA KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Pengembangan Pariwisata Pantai Tanjung Menangis_SAPIRA ELPAYANA_L1C018095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan pariwisata pada suatu daerah lokasi wisata, yang secara lokal atau nasional pada suatu negara memiliki kaitan yang sangat erat dengan pembangunan perekonomian daerah atau negara yang bersangkutan. Pengembangan pariwisata pada suatu daerah sangat diperhitungkan dan manfaatnya bagi masyarakat banyak. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengembangan pariwisata pantai Tanjung Menangis pada masa pandemi Coid-19 dan mengetahui pengaruh pengembangan pantai Tanjung Menangis terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat dusun Ketapang. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengambil data dilapangan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari Kepala desa Pringgabaya dan pengurus wisata pantai Tanjung Menangis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Modal Sosial dari Robert D. Putnam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata pantai Tanjung Menangis di tengah pandemic Covid-19 dapat berjalan dengan baik terlihat dari pembangunan yang telah dilakukan seperti pembuatan tanggul, pengaspalan jalan, saluran irigasi, pembuatan lapak jualan permanen dan non permanen, ketersediaan fasilitas untuk menunjang kegiatan pengunjung seperti tempat duduk dan bersantai, serta pembuatan lapak jualan yang bergaya kekinian untuk menarik minat pengunjung. Adanya kepercayaan serta terjalinnya jaringan yang diikat oleh norma membentuk kerjasama antara pemerintah desa, pengelola wisata, pokdarwis, dan juga masyarakat dalam melakukan pengembangan pariwisata memberikan pengaruh dalam kehidupan sosial serta perekonomian masyarakat yang berada di sekitar wisata pantai Tanjung Menangis terutama masyarakat dusun Ketapang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pandemi Covid-19, Pengembangan Pariwisata, Modal Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2022 23:27
Last Modified: 09 Nov 2022 23:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32734

Actions (login required)

View Item View Item