PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DIPADUKAN TEKNIK BRAINSTOMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 2 AIKMEL

SAOMI, FIBRIWATI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DIPADUKAN TEKNIK BRAINSTOMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 2 AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dipadukan Tehnik Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 2 Aikmel dan seberapa besar Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dipadukan Tehnik Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 2 Aikmel. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk uraian sebanyak 10 item untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (3.4072) > ttabel (2.0057) pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol. Analisis N-Gain menunjukkan besar pengaruh model Pembelajaran Inkuiri Sosial dipadukan Tehnik Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 47.78% dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 29.53% dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berpikir kreatif, Model Pembelajaran Inkuiri Sosial, Teknik Brainstorming.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:18
Last Modified: 30 Apr 2018 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3274

Actions (login required)

View Item View Item