PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG MENGKONSUMSI OBAT TANPA IZIN EDAR (studi kasus Putusan PN Mataram Nomor 443/Pid.Sus/2021/PN Mtr)

BAIQ NOVIA REZA, PUTRI (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG MENGKONSUMSI OBAT TANPA IZIN EDAR (studi kasus Putusan PN Mataram Nomor 443/Pid.Sus/2021/PN Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Sripsi Bq Novia Rev 9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertimbangan hakim terhadap pihak yang memproduksi serta mengedarkan obat-obatan yang tidak memiliki surat izin edar dalam kasus putusan perkara Nomor 443/Pid.Sus/2021/PN Mtr. sudah sesuai atau tidak dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Undang-Undang kesehatan dan Petaturan Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan. Metode jenis penelitian hukum yang digunakan adalah jenis penelitian normatif. Analisis yang digunakan ialah content analysis yaitu membahas objek penelitian secara mendalam. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar. Dalam putusan hakim memberikan yang sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku namun dalam hal ini hakim belum mempertimbangkan beberapa hukum terkait seperti Pasal 4, 7,8 dan 9 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, Undang-Undang no 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Peraturan Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan, Perlindungan Konsumen dan Obat tanpa Izin Edar.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:09
Last Modified: 10 Nov 2022 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32751

Actions (login required)

View Item View Item