UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA di MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH

ASAD, MUNIB (2022) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA di MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AS'AD MUNIB SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana Upaya Pondok Pesantren dalam menanggulangi kenakalan siswa di Manhalul Ma’arif Darek, (2) Mengetahui faktor faktor pendukung dan penghambat Kenakalan Sisswa di Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif Darek. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metede Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan Upaya Pondok P esantren dalam menanggulangi kenakalan siswa di Manhalul Ma’arif Darek ada dua yaitu upaya preventif dan upaya reprensif. Upaya preventif yaitu tindakan atau upaya untuk mencegah terjadinya kenakalan siswa dengan cara memberikan peringatan, teguruan, perhatian khusus serta pencerahan melalui pengajian ,imtak, tahsimul qur’an atau kegiatan ekstra kulikuler yang di berikan oleh guru kepada siswa untuk meminimalisir kenakalan yang terjadi di sebabkan oleh siswa sedangkan upaya reprensif yaitu hukuman yang di berikan kepada siswa yang melakukan kenakalan untuk memberikan efek jera kepada siswa, supaya tidak mengulangi perbuatanya lagi. Guru BK serta guru yang lain bekerja sama dalam mencegah terjadinya kenakalan yang di sebabkan oleh siswa, karena tindakan yang di lakukan oleh siswa dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. (2) faktor pendukung dan penghambat terjadinya kenakalan siswa di pondok pesantren manhalul ma’arif darek yaitu Faktor penghambat kenakalan siswa anatar lain: Faktor Keluarga. kurang perhatianya dari kalangan keluarga yang menyebabkan siswa kurang kontrol dalam kehidupan sehari – hari dan dari sebab ini siswa mencari perhatian lain atau kegiatan yang dapat mengisi kekosongan hidupnya. Faktor Ekonomi. Kebanayakan siswa di sini ekonominya kurang oleh sebab itu siswa lebih memilih untuk tidak masuk sekolah atau terlambat datang ke sekolah untuk membantu orang tuanya terlebih dahulu. Sedangkan faktor pendukung yaitu Faktor Temen sebaya. Pergaulan sangat berperanguh bagi tindakan siswa karena siswa yang salah dalam memilih temen pergaulan akan terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik sdan sebaliknya apabila bergaul dengan temen yang baik sedikit tidak akan terjerumus ke hal yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:09
Last Modified: 10 Nov 2022 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item