PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KORBAN MALPRAKTIK PERSALINAN WATER BIRTH YANG DILAKUKAN OLEH DOKTER KANDUNGAN (ANALISIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 3695 K/PDT/2016)

NI NYOMAN RANANDA, PRATITA PUTRI (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KORBAN MALPRAKTIK PERSALINAN WATER BIRTH YANG DILAKUKAN OLEH DOKTER KANDUNGAN (ANALISIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 3695 K/PDT/2016). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
[SKRIPSI] Rananda Putri - D1A018213.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar pertimbangan Mahkamah Agung Nomor 3695 K/PDT/2016 dalam memeriksa, mengadili, dan memutus serta perlindungan hukum bagi korban Malpraktik Persalinan Water Birth. Penelitian ini menggunakan penelitian Hukum Normatif. Dalam memeriksa, pertimbangan Mahkamah Agung yaitu dr. Tamtam Otamar Samsudin telah melakukan tindakan induksi yang berlebihan dan tidak memiliki Standar Operasional Prosedur metode Water Birth yang menyebabkan kematian seorang bayi. Dalam mengadili, Mahkamah Agung berpendapat bahwa tindakan dr. Tamtam Otamar Samsudin merupakan perbuatan melawan hukum sehingga diwajibkan membayar ganti rugi secara tanggung renteng. Dalam memutus, Mahkamah Agung menggunakan dasar hukum Pasal 1365 KUHperdata. Perlindungan hukum bagi korban yaitu berupa Perlindungan Hukum Represif yang berfungsi untuk menyelesaikan sengketa yang telah muncul akibat adanya pelanggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Malpraktik, Water Birth.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:10
Last Modified: 10 Nov 2022 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32768

Actions (login required)

View Item View Item