PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCALONKAN DIRI SEBAGAI KEPALA DESA DI DESA DASAN LEKONG KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MUHAMMAD RIZKY, ROMDANI (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCALONKAN DIRI SEBAGAI KEPALA DESA DI DESA DASAN LEKONG KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKY ROMDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKELJURNAL SKRIPSI MUHAMMAD RIZKY ROMDANI (3).pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat desa Dasan Lekong dalam mencalonkan dirinya sebagai Kepala Desa serta faktor-faktor pendorong tingginya partisipasi masyarakat desa Dasan Lekong dalam mencalonkan dirinya sebagai Kepala Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk membuat deskripsi atas dasar fakta yang dilakukan dengan wawancara dan mempelajari dokumen-dokumen guna memperoleh gambaran di lapangan tentang partisipasi serta faktor-faktor yang mendorong tingginya partisipasi masyarakat dalam mencalonkan diri sebagai Kepala Desa di desa Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hasil wawancara dari semua narasumber yang berjumlah 18 orang, hal tersebut tentunya berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades 2018 Desa Dasan Lekong. Meliputi (1) Partisipasi masyarakat dalam mencalonkan diri sebagai Kepala Desa di Desa Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur, (2) Faktor pendorong tingginya partisipasi masyarakat dalam mencalonkan diri sebagai Kepala Desa di Desa Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. Terdapat beberapa aspek dalam Partisipasi dan Faktor Pendorong, antara lain : (a) Kemampuan masyarakat terlibat dalam proses, (b) Adanya forum/media untuk menampung partisipasi masyarakat, (c) Adanya akses bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat dalam proses pengambilan keputusan, (d) Faktor pendorong dari keluarga/teman/kerabat/orang terdekat, (e) Faktor pendorong dari diri sendiri/pendidikan/wawasan, (f) Faktor pendorong dari masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Partisipasi, Masyarakat, Pemilihan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:11
Last Modified: 10 Nov 2022 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32775

Actions (login required)

View Item View Item