KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

AFTINA, RABBANI (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - AFTINA RABBANI (E1R018002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) siswa kelas IX MTs Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 4 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu kuesioner, tes dan wawancara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, tes serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe kepribadian idealist dan rational telah mampu melewati 3 dari 4 tahapan kemampuan pemecahan masalah. Berbeda dengan subjek bertipe kepribadian artisan yang hanya mampu melewati 2 dari 4 tahapan, serta subjek bertipe kepribadian guardian yang hanya mampu melewati 1 dari 4 tahapan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek bertipe kepribadian idealist dan rational memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan subjek bertipe kepribadian artisan dan guardian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemecahan Masalah, Matematika, Tipe Kepribadian, MBTI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:39
Last Modified: 10 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32782

Actions (login required)

View Item View Item