PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA MODEL BLENDED E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASS ROOM MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK

DEVY, INDASARI (2022) PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA MODEL BLENDED E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASS ROOM MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DEVY INDASARI_E1Q017012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-learning fisika model blended learning berbasis Google Classroom yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik topik gerak melingkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) mengacu pada langkah-langkah model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Produk penelitian ini terdiri dari E-Learning, silabus, RPP, LKPD, serta instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh berupa validitas, kepraktisan dan keefektifan produk penelitian. Pengumpulan data validitas diperoleh dari lembar validasi oleh validator ahli yang terdiri dari: 3 orang dosen ahli pendidikan fisika Universitas Mataram dan 3 orang guru mata pelajaran fisika di SMAN 2 Taliwang. Data kepraktisan diperoleh dari angket respon peseta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan LKPD. Efektivitas produk diperoleh dari hasil pretest dan posttest pada uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik di SMAN 2 Taliwang. Berdasarkan hasil penilaian menggunakan skala Likert validitas produk penelitian memiliki rentang persentase 84,2% - 94,4 % kriteria valid. Kepraktisan produk penelitian memiliki persentase 78,5% dengan kriteria praktis. Adapun hasil analisis efektifitas menggunakan uji N-Gain diperoleh adanya peningkatan yang cukup signifikan pada kemampuan pemecahan masalah yakni 61,3% dengan kriteria cukup efektif. Sehingga disimpulkan bahwa e-laerning yang telah dihasilkan valid, praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-Learning, Google Classroom, Model Blended Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:39
Last Modified: 10 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32785

Actions (login required)

View Item View Item