NILAI-NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT DOYAN MEDARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

INDANA ZULFA, ZUAEBUN (2022) NILAI-NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT DOYAN MEDARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagimanakah nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Doyan Medaran dan bagaimanakah relevansi nilai-nilai budaya cerita rakyat Doyan Medaran dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerita rakyat Doyan Medaran yang kemudian direlevansikan dengan pembelajaran sastra di SMA. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan cerita rakyat Doyan Medaran yang mengandung unsur nilai-nilai budaya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik catat dan teknik studi kepustakaan. Metode analisis data mengggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan dua nilai budaya dalam cerita rakyat Doyan Medaran yaitu nilai religius dan nilai etis. Bentuk-bentuk nilai budaya tersebut adalah: (a) Nilai religius Berupa nilai akidah (Iman kepada Allah SWT, Iman kepada kitab-kitab Allah SWT, dan Iman kepada takdir Allah SWT), nilai ibadah (thaharah/bersuci, shalat, dan berdoa), dan nilai muamalah (kejujuran, bertanggung jawab, dan kesopanan). (b) nilai etis berupa nilai kepatutan dan kerja keras (kepatutan dalam saling tolong menolong, kepatutan dalam berbakti kepada orang tua, menghargai orang lain, bekerja keras, ikhlas, bersyukur dan disiplin pada waktu), nilai kepatuhan dan disiplin (pengendalian diri, ketaatan, kesetiaan, ketetraman, menghormati dan berpendirian teguh), nilai kepavuan dan ketekunan (rajin, bersungguh-sungguh, tidak mudah menyerah, sabar, bersikap optimis dan bersikap peduli). Nilai-nilai budaya dalam cerita rakyat Doyan Medaran patut untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dapat pula dijadikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia sesuai dengan KD pada materi cerita rakyat 3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulisan, 4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat yang didengar dan dibaca bagi pendidik untuk peserta didik dengan mengaitkan pada kriteria bahan ajar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai budaya, cerita rakyat, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:39
Last Modified: 10 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32791

Actions (login required)

View Item View Item