Dea Fitri, Indriani (2022) PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL WAKTU AKU SAMA MIKA KARYA INDI SUGAR: PERSPEKTIF HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
DEA FITRI SKRIPSI SELESAI Tuntas (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Persoalan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Psikologi Tokoh utama „Indi‟ dalam Novel Waktu Aku Sama Mika Karya Indi Sugar, perspektif Humanistik Abraham Maslow. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini, yaitu novel “Waktu Aku Sama Mika” karya Indi Sugar, diterbitkan oleh Shira Media tahun 2013 dengan tebal 145 halaman. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori humanistik Abraham Maslow. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebutuhan tokoh utama Indi dalam novel “Waktu Aku Sama Mika” karya Indi Sugar terdiridari 5, yaitu: Kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman dan perlindungan, kebutuhan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama Indi dapat memenuhi kebutuhannya dengan baik. Psikologi tokoh utama Indi adalah optimis dalam menjalani kehidupannya, terutama setelah bersama Mika. Meskipun ia memiliki keterbatasan fisik yaitu penyakit Scoliosis, Indi yang awalnya merasa kurang percaya diri dan lemah, mampu bangkit kembali setelah bersama Mika. Bangkitnya Indi ini menunjukkan bahwa Indi adalah orang yang optimis dan mampu mengembangkan kemampuan menjadi seorang aktivis HIV/AIDS, dan menjadi seorang novelis yang cukup terkenal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Humanistik, Novel, Tokoh Utama |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 00:31 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 00:31 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32799 |
Actions (login required)
View Item |