PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAERAH SUMBAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SEKONGKANG

NURULLAH, DIAN FITRI (2016) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAERAH SUMBAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SEKONGKANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen kelas kontrol dengan tidak menggunakan media lagu daerah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?; (2) Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen kelas eksperimen melalui penggunaan media lagu daerah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang ?; (3) Bagaimanakah perbandingan hasil pembelajaran menulis cerpen kelas eksperimen yang menggunakan media lagu daerah dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media lagu daerah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?;. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen kelas kontrol dengan tidak menggunakan media lagu daerah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang. Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen kelas eksperimen melalui penggunaan media lagu daerah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang. Untuk mengetahui perbandingan hasil pembelajaran menulis cerpen kelas eksperimen yang menggunakan media lagu daerah dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media lagu daerah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sekongkang, kelas eksperimennya adalah kelas X.1, sedangkan kelas kontrolnya adalah kelas X.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik tes dan non tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu “t” hitung lebih besar dari “t” tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu (14,725 > 1,682) sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan” dengan demikian kesimpulan yang diperoleh: “Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016, hal ini menunjukkan Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2015/2016, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Lagu Daerah, Pembelajaran Menulis, Cerpen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:18
Last Modified: 30 Apr 2018 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item