IDENTIFIKASI MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-HAMIDY PAGUTAN KOTA MATARAM TAHUN 2022

FINA, RAHMATIANA (2022) IDENTIFIKASI MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-HAMIDY PAGUTAN KOTA MATARAM TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINA RAHMATINA_ E1F018026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara pada anak kelompok A serta kurangnya media yang menarik saat proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui indikator kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Al-Hamidy serta kurangnya media edukatif yang menarik pada saat proses pembelajaran, sehingga media boneka tangan sangat layak dipilih media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok a di tk al- hamidy pagutan kota mataram tahun pelajaran 2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan cara kolaboratif dan partisipatif yaitu penelitian akan bekerjasama dengan guru kelompok A. Guru sebagai pelaksana sedangkan penelitian sebagai observer. Penelitian ini menggunakan dua Siklus setiap Siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini anak kelompok A di TK Al-Hamidy yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara pada anak kelompok A di TK Al-Hamidy Pagutan Kota Mataram tahun pelajaran 2022. Adapun langkah-langkah dalan mengidentifikasi media boneka tangan 1) guru menjelaskan tema 2) guru menjelaskan bintang yang hidup didarat 3) guru mengenalkan APE 4) guru bercerita terlebih dahulu 5) selanjutnya anak bercerita . Adanya peningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok A yang difokuskan dengan meliputi indikator bahasa yaitu bagaimana cara mengungkapkan bahasa. Dalam pelaksanaan Pra Siklus kemampuan berbicara anak mencapai 13% bahwa pelaksanaan Pra Siklus masuk kriteria Belum Berkembang, kemudian pada Siklus I mencapai 40% masuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan, dan yang terakhir pelaksanan Pada Siklus II mencapai 84% menunjukan kriteria Berkembang Sangat Baik, dan telah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Al-Hamidy Pagutan Kota Mataram Tahun pelajaran 2022

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): boneka tangan, kemampuan berbicara, anak usia dini
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Nov 2022 00:32
Last Modified: 11 Nov 2022 00:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32807

Actions (login required)

View Item View Item