ANALISIS TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN TERHADAP ISTRI OLEH SUAMI DILIHAT DARI PERSPEKTIF HUKUM PIDANA POSITIF DAN HUKUM PIDANA ISLAM

FIRA ANNISA, PUTRI (2022) ANALISIS TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN TERHADAP ISTRI OLEH SUAMI DILIHAT DARI PERSPEKTIF HUKUM PIDANA POSITIF DAN HUKUM PIDANA ISLAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIRA ANNISA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji pengaturan penganiayaan dalam rumah tangga menurut perspektif hukum positif dan hukum Islam, dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan penganiayaan dalam rumah tangga menurut hukum positif dan hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode hukum normatif. Dalam hukum positif penganiayaan dalam rumah tangga diatur dalam Undang - Undang Nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan tindak penganiayaan dalam rumah tangga. Dalam hukum Islam penganiayaan dalam rumah tangga diatur di dalam Al- Qur‟an, Hadist, Ijma, pandangan ulama, Qiyas, dan Fikh jinayah. Dalam hukum positif dan hukum islam memiliki persamaan dan perbedaan dalam pengaturan, maupun sanksinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penganiayaan, Hukum Positif, Hukum Islam
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:30
Last Modified: 11 Nov 2022 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32844

Actions (login required)

View Item View Item