PENGARUH VARIETAS DAN CARA APLIKASI BIOURIN FERMENTASI Trichoderma harzianum TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM DAN PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Ririn, Anisti (2022) PENGARUH VARIETAS DAN CARA APLIKASI BIOURIN FERMENTASI Trichoderma harzianum TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM DAN PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RIRIN ANISTI_C1M018109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_RIRIN ANISTI_C1M018109.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektiftas penggunaan varietas dan cara aplikasi biourin yang difermentasi T. harzianum dalam menekan penyakit Layu Fusarium dan pertumbuhan tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2022 bertempat di Laboratorium Mikrobiologi dan Rumah Kaca Gaharu Fakultas Pertanian Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, yang terdiri dari faktor varietas dan faktor cara aplikasi biourin. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis keragaman (ANOVA) dan diuji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas Bali Karet memberikan hasil yang paling baik dalam menekan insiden penyakit Layu Fusarium pada tanaman bawang merah dengan rata-rata insiden penyakit 39,16% pada umur 35 HSI. Varietas Bali Karet menunjukkan tinggi tanaman terbaik, sedangkan varietas Keta Monca menunjukkan jumlah daun, jumlah anakan, bobot brangkasan segar dan kering tanaman terbaik. Cara aplikasi biourin yang paling efektif terhadap semua variabel penelitian yaitu cara perendaman umbi bibit dalam biourin dan penyiraman biourin pada umur 3-5 MST sebanyak 10 ml/lubang tanam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bawang Merah, Biourin, Cara Aplikasi, Layu Fusarium, T. harzianum, Varietas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:58
Last Modified: 11 Nov 2022 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32848

Actions (login required)

View Item View Item