PENGGUNAAN VARIASI BAHASA ALAY DALAM NOVEL MARMUT MERAH JAMBU KARYA RADITIYA DIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

HARYANTI, SITI (2016) PENGGUNAAN VARIASI BAHASA ALAY DALAM NOVEL MARMUT MERAH JAMBU KARYA RADITIYA DIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk, makna bahasa Alay, dan fungsi bahasa Alay, serta mengetahui hubungannya dengan pembelajaran bahasa di Sekolah Menengah Pertama. Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah bahasa Alay dan hubunganya dengan pembelajaran bahasa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode padan ekstralingual. Penyajian hasil analisis data disajikan dengan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) terdapat empat bentuk penggunaan bahasa Alay, yang terdiri dari bentuk fonologi, bentuk morfologi, bentuk sintaksis, dan bentuk ortografi. Bahasa Alay sifat fonologi yaitu, bentuk pergantian vokal, bentuk penambahan konsonan, bentuk pergantian konsonan, bentuk pelesapan konsonan, dan bentuk pelesapan suku kata pertama. Bahasa Alay sifat morfologis yaitu bentuk berafiks [kan] kedalam bentuk berafiks [in], bentuk reduplikasi katagori nomina, katagori adjektifa, dan katagori verba, dan bentuk kata tunggal. bahasa Alay sifat sintaksis yaitu bentuk interjeksi berdasarkan perasaan, bentuk interjeksi katagori pengaruh bahasa daerah, dan bentuk katagori anomatope. Bahasa Alay sifat ortografi yaitu penggunaan huruf kapital secara keseluruhan terbagi dalam katagori kalimat, katagori klausa, dan katagori anomatope. (2) Bahasa Alay mengandung makna leksikal dan makna kontekstual. (3) Bahasa Alay mempunyai fungsi emotif, fungsi ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa kesal, kekecewaan dan marah, heran, dan kesanggupan. (4) Penelitian terhadap bahasa Alay dapat dihubungkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya sebagi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk, makna bahasa Alay, dan fungsi bahasa Alay, serta mengetahui hubungannya dengan pembelajaran bahasa di Sekolah Menengah Pertama. Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah bahasa Alay dan hubunganya dengan pembelajaran bahasa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode padan ekstralingual. Penyajian hasil analisis data disajikan dengan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) terdapat empat bentuk penggunaan bahasa Alay, yang terdiri dari bentuk fonologi, bentuk morfologi, bentuk sintaksis, dan bentuk ortografi. Bahasa Alay sifat fonologi yaitu, bentuk pergantian vokal, bentuk penambahan konsonan, bentuk pergantian konsonan, bentuk pelesapan konsonan, dan bentuk pelesapan suku kata pertama. Bahasa Alay sifat morfologis yaitu bentuk berafiks [kan] kedalam bentuk berafiks [in], bentuk reduplikasi katagori nomina, katagori adjektifa, dan katagori verba, dan bentuk kata tunggal. bahasa Alay sifat sintaksis yaitu bentuk interjeksi berdasarkan perasaan, bentuk interjeksi katagori pengaruh bahasa daerah, dan bentuk katagori anomatope. Bahasa Alay sifat ortografi yaitu penggunaan huruf kapital secara keseluruhan terbagi dalam katagori kalimat, katagori klausa, dan katagori anomatope. (2) Bahasa Alay mengandung makna leksikal dan makna kontekstual. (3) Bahasa Alay mempunyai fungsi emotif, fungsi ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa kesal, kekecewaan dan marah, heran, dan kesanggupan. (4) Penelitian terhadap bahasa Alay dapat dihubungkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya sebagi media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahasa Alay, Bentuk, Makna, dan Fungsi, Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:18
Last Modified: 30 Apr 2018 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item