ANALISIS PENGARUH PELAPISAN EDIBLE FILM KARAGENAN-KITOSAN TERHADAP KADAR VITAMIN C BUAH NANAS (Ananas comosus (L.) Merr)

HARMI, ATI (2022) ANALISIS PENGARUH PELAPISAN EDIBLE FILM KARAGENAN-KITOSAN TERHADAP KADAR VITAMIN C BUAH NANAS (Ananas comosus (L.) Merr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Harmiati_G1C017021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah nanas merupakan buah tropis dengan kandungan vitamin C cukup tinggi. Buah nanas termasuk buah yang mudah rusak (pherishable food) sehingga mudah kehilangan vitamin C karena teroksidasi. Untuk melindungi buah nanas diperlukan bahan pelapis yang bersifat biodegradable, tidak beracun, dapat dimakan dan barrier (pelindung) senyawa lain seperti vitamin C. Edible film karagenan-kitosan mampu berikatan sendiri melalui gugus sulfat dari karagenan dan gugus amina terprotonasi dari kitosan. Analisis pengaruh pelapisan edible film berbahan karagenan-kitosan terhadap kadar vitamin C buah nanas telah diteliti. Buah nanas dilapisi dengan cara mencelupkan potongan buah ke dalam hidrosol karagenan-kitosan yang telah dibuat dalam perbandingan berat 1:1 (b/v) dan pH 5,00. Kadar vitamin C sampel dan kontrol pada suhu (4, 13, dan 27) telah diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang maksimum 660 nm. Uji stabilitas kadar vitamin C sampel dan kontrol telah diukur pada variasi penyimpanan (0, 1, 5, 24, 72, dan 168) jam dan suhu 4 . Uji biodegradabilitas edible film karagenan-kitosan telah dilakukan dengan cara mengubur edible film dan kehilangan gugus fungsi telah dikarakterisasi menggunakan spektrofotometer FTIR. Edible film karagenan-kitosan mampu mengontrol penurunan kadar vitamin C terhadap semua variasi waktu penyimpanan. Rata-rata persen penurunan kadar vitamin C selama 168 jam (7 hari) yaitu 4,08 %. Persen kehilangan berat uji biodegradabilitas edible film karagenan-kitosan sebesar 76,19 % selama 28 hari ditunjukkan dengan kehilangan gugus amina terprotonasi dan gugus karbonil dari senyawa 3,6 anhidro-D- galaktosa. Oleh karena itu pelapisan edible film karagenan-kitosan mampu mengontrol penurunan kadar vitamin C pada buah nanas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nanas, edible film, vitamin C, karagenan, kitosan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:59
Last Modified: 11 Nov 2022 07:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32856

Actions (login required)

View Item View Item